Minggu, 09 Juni 2019

Pengenalan Microsoft Word 2010


Pengenalan Microsoft Word 2010
Kali ini saya akan memperkenalkan microsoft word 2010. Mari simak penjelasan di bawah iniJ
            Fungsi Microsoft Word
            Fungsi dari microsoft word adalah sebagai pengolah kata dalam hal pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata seperti: membuat surat, membuat tabel, membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art), memasukan gambar, dan membuat dokumen.
            Manfaat Microsoft word
            Manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
1.      Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
2.      Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
3.      Menghemat Kertas dan Biaya
            Menu dan submenu dalam Microsoft Word
            Adapun menu dan submenu dalam microsoft word adalah sebagai berikut:
1.        Home
            Home adalah menu yang paling pertama dan paling dulu aktif pertama kali membuka Microsoft Word. Bagian ini menjadi bagian paling penting dalam MS Word. Fungsi menu home digunakan untuk  pengetikan standar, seperti merubah font, ukuran tulisan, warna, mempertebal tulisan, mengatur posisi paragraf dan lain sebagainya.
            Adapun submenu dalam menu home adalah sebagai berikut:
1)      Clipboard
a)    Paste                       : untuk menempelkan tulisan yang sudah disalin
b)   Cut                          : untuk memotong/menghapus tulisan
c)    Copy                       : untuk menyalin tulisan
d)   Dan lain sebagainya
2)      Font
a)    Font                         : untuk mengatur jenis huruf
b)   Font size                  : untuk mengatur ukuran huruf/tulisan
c)    Font color                : untuk mengatur warna pada tulisan
d)   Grow font                : untuk membesarkan tulisan
e)    Shrink font               : untuk mengecilkan tulisan
f)     Bold                        : untuk menebalkan tulisan
g)    Italic                        : untuk memiringkan tulisan
h)    Underline                 : untuk menggaris bawahi tulisan
i)      Dan lain sebagainya
3)      Paragraph
a)    Numbering               : untuk memberi nomor pada text/tulisan secara otomatis
b)   Align text left            : untuk mengatur rata kiri pada paragraph
c)    Center                     : untuk mengatur rata tengah pada paragraph
d)   Align text right          : untuk mengatur rata kanan pada paragraph
e)    Justify                      : untuk mengatur rata kiri-kanan pada paragraph
f)     Line and paragraph spacing : untuk mengatur spaci/jarak paragraph
g)    Dan lain sebagainya
4)      Styles berfungsi untuk mengatur jenis huruf normal pada semua tulisan
a)    Normal                   
b)   No spacing
c)    Heading 1
d)   Dan lain sebagainya
5)      Editing
a)    Find                         : untuk mencari kata pada text/tulisan yang diketik
b)   Replace                   : untuk mengganti huruf yang salah
c)    Select                     

2.        Insert
            Menu Insert berfungsi untuk memasukkan data atau pengaturan dalam ketikan seperti membuat tabel, menambah gambar, grafik, berbagai bentuk gambar kotak, lingkaran dan lain sebagainya.
            Adapun submenu dalam menu home adalah sebagai berikut:
1)      Pages
a)      Cover page            : untuk membuat cover
b)      Blank page : untuk membuka lembar kerja baru
c)      Page break             : untuk menuju halaman berikutnya
2)      Table
a)      Table                      : untuk membuat tabel
3)      Illustrations
a)      Picture                    : untuk memasukan gambar pada tulisan
b)      Clip art                   : untuk memberi clip art pada tulisan
c)      Shapes                   : untuk membuat bentuk yang diinginkan
d)      Smar tart                : untuk membuat diagram pada tulisan
e)      Dan Lain Sebagainya
4)      Links
a)      Bookmark              : untuk menandai hal tertentu pada tulisan
b)      Hyperlink               : untuk membuat link
c)      Dan Lain Sebagainya
5)      Header & Footer
a)      Header                   : untuk mengganti header pada tulisan
b)      Footer                    : untuk mengganti footer pada tulisan
c)      Page Number         : untuk membuat nomor halaman pada tulisan
6)      Text
a)      Text Box                : untuk membuat tulisan seperti kotak
b)      Word art                : untuk membuat font yang bervariasi
c)      Dan Lain Sebagainya
7)      Symbols
a)      Equation                 : untuk membuat rumus matematika secara otomotis pada tulisan
b)      Symbol                   : untuk memasukkan simbol yang tidak ada pada keypad

3.        Page Layout
            Menu page layout adalah menu yang berfungsi untuk mengatur hasil ketikan. Pengaturan yang dapat dilakukan adalah menentukan margin, mengatur spasi, bentuk lembaran apakah memanjang atau melebar, menentukan ukuran kertas, dan juga kolom tulisan apakah hanya 1 kolom atau dibuat seperti suratkbar dan lain sebagainya.
            Adapun sebmenu dalam menu page layout adalah sebagai berikut:
1)      Themes
a)      Themes                  : untuk membuat tema pada tulisan
b)      Themes Colors       : untuk memberikan warna pada tema
c)      Themes Fonts         : untuk membuat bentuk font pada tema
d)      Themes Effects       : untuk mengganti efek tema
2)      Page setup
a)      Margins                  : untuk mengatur tepi kanan, kiri, atas dan bawah pada tulisan
b)      Orientation : untuk mengatur bentuk kertas
c)      Size                        : untuk mengatur ukuran kertas
d)      Columns                 : untuk membuat kolom pada tulisan
e)      Dan lain sebagainya
3)      Page background
a)      Watermark             : untuk membuat tulisan kabur pada tulisan
b)      Page color              : untuk memberi warna pada lembar kerja
c)      Page border           : untuk membuat garis tepi pada text
4)      Paragraph
a)      Indent                     : untuk membuat jarak garis masuk tiap dimulai paragraph
b)      Spacing                  : untuk mengatur spaci tiap paragraph
5)      Arrange
a)      Position                  : untuk mengatur posisi objek/gambar pada tulisan
b)      Wrap text               : untuk mengatur tatanan objek/gambar pada tulisan
c)      Dan lain sebagainya

4.        References
            Menu references adalah menu yang berfungsi untuk membuat sumber/referensi tulisan. Menu References yang fungsi menunya untuk perintah pengaturan tulisan naskah, catatan kaki, kutipan, dan penulisan daftar pustaka.
            Adapun submenu dalam menu references adalah sebagai berikut:
1)      Table of contents
a)      Table of contens     : untuk membuat daftar isi secara otomatis pada tulisan
b)      Add text                 : untuk menambah text pada daftar isi yang diketik
c)      Update table           : untuk memperbarui table yang diketik pada tulisan
2)      Footnotes
a)      Insert footnote        : untuk membuat catatan kaki pada tulisan
b)      Insert endnote         : untuk membuat catatan akhir pada tulisan
c)      Next footnote         : untuk mengatur catatan kai pada tulisn selanjutnya
d)      Dan lain sebagainya
3)      Citations & bibliography
a)      Insert citation          : untuk memasukan kutipan pada tulisan yang diketik
b)        Manage sources    : untuk mengatur daftar sumber yang akan dimasukkan dalam kutipan yang di ketik
c)      Style                       : untuk mengatur gaya tulisan pada kutipan yang diketik
d)      Bibliography           : utuk membuat daftar pustaka pada tulisan
4)      Captions
a)      Insert caption          : untuk memberi gambar dalam text dengan penjelasan
b)      Insert tabele of figures: untuk memasukan tabel, daftar atau foto pada tulisan
c)      Update table           : untuk memperbarui daftar
d)      Dan lain sebagainya
5)      Index
a)      Mark entry             : untuk menandai text dalam dokumen yang dimasukkan
b)      Insert index : untuk membuat index pada tulisan
c)      Update index          : untuk memperbarui index pada tulisan
d)      Dan lain sebagainya
6)      Table of authorities
a)      Mark citation          : untuk memasukkan daftar penulis
b)      Dan lain sebagainya

5.        Mailings
            Menu mailing sering digunakan dalam pembuatan surat masal ataupun surat berantai. Menu ini digunakan untuk membuat surat undangan, pemberitahuan, dan dokumen lainnya untuk ditunjukan pada orang banyak.
            Adapun submenu dalam menu mailing adalah sebagai berikut:
1)      Create
a)      Envelopes               : untuk membuat/mencetak tulisan tentang pengirim dan penerima surat
b)      Labels                    : untuk membuat/mencetak tulisan pada label
2)      Start mail merge
a)      Start mail merge      : untuk membuat surat yang dikelola untuk banyak orang sekaligus.
b)      Select recipients      : untuk memilih siapa yang akan dikirimi surat
c)      Dan lain sebagainya
3)      Write & insert fields
a)      Addres block         : untuk menunjukan alamat dalam suart
b)      Greeting line           : untuk membuat salam pada surat
c)      Rules                      : untuk membuat aturan tertentu dalam mail merge
d)      Dan lain sebagainya
4)      Preview results
a)      Preview results       : untuk menampilkan hasil sesuai dengan apa yang akan dilihat oleh penerima surat
b)      Find recipient          : untuk menemukan penerima surat
c)      Dan lain sebagainya
5)      Finish
a)      Finish & merge       : untuk menyelesaikan proses pembuatan mail merge

6.        Review
            Menu review adalah menu yang berfungsi untuk memeriksa penggunaan ejaan dan tata bahasa yang digunakan dalam sebuah tulisan. Selain itu menu review juga bisa digunakan untuk mencari referensi serta istilah asing, menyisipkan Comment, membandingkan dan menggabungkan antara dua dokumen atau lebih.
            Adapun submenu dalam menu review adalah sebagai berikut:
1)      Proofing
a)      Spelling & grammar: untuk mengecek ejaan dan susunan kata dalam tulisan
b)      Research                : untuk mencari kata pada tulisan
c)      Thesaurus               : untuk mencari persamaan kata
d)      Dan lain sebagainya
2)      Language
a)      Translate                : untuk menterjemahkan tulisan ke bahasa yang diinginkan
b)      Language                : untuk memilih bahasa
3)      Comments
a)      New comment        : untuk menambahkan komentar pada tulisan
b)      Delete                    : untuk menghapus komentar pada tulisan
c)      Previous                 : untuk melihat komentar sebelumnya
d)      Next                       : untuk melihat komentar selanjutnya
4)      Tracking
a)      Track changes        : jejak perubahan dalam tulisan
b)      Show markup         : tayangan untuk mengecek isi tulisan/dokumen
c)      Dan lain sebagainya
5)      Changes
a)      Accept                   : untuk menrima penerimaan tulisan yang telah diubah
b)      Reject                    : untuk menghapus penerimaan tulisan
c)      Dan lain sebagainya
6)      Compare
a)      Compare                : untuk melihat dan membandingkan tulisan/dokumen
7)      Protect
a)      Block authors         : untuk membuat tulisan yang tidak bisa diubah oleh orang lain
b)      Restrict editing        : untuk mengunci dokumen

7.        View
            Menu View adalah menu yang berfungsi memperbesar/memperkecil tampilan, serta memindahkan tampilan dari satu file ke dokumen lain.
            Adapun submenu dalam menu view adalah sebagai berikut:
1)      Documents views
a)      Print layout : untuk melihat lembar kerja yang akan diprint
b)      Full screen reading: untuk melihat lembar kerja secara keseluruhan
c)      Web layout : untuk melihat dokumen yang di ambil dari website
d)      Outline                   : untuk melihat tulisan yang di ketik dengan jelas
e)      Draft                      : untuk melihat  tulisan yang di ketik secara sekilas
2)      Show
a)      Ruler                      : untuk mengatur objek tulisan yang diketik
b)      Gridlines                 : untuk memberi garis kotak pada tulisan
c)      Navigation pane      : untuk melihat dokumen
3)      Zoom
a)      Zoom                     : untuk membesarkan dokumen yang diketik
b)      One page               : untuk melihat dokumen dengan satu halaman penuh
c)      Two pages             : untuk melihat dokumen dengan dua halaman penuh
d)      Page width             : untuk memperbesar dokumen dengan layar penuh
4)      Window
a)      New window          : untuk membuka dokumen baru tetapi dengan dokumen yang sama
b)      Arrange all  : untuk memperlihatkan semua program yang bersebelahan dilayar
c)      Split                       : untuk membagi layar menjadi dua bagian untuk melihat dalam waktu bersamaan
d)      Dan lain sebagainya
5)      Macros
a)      Macros                  : untuk melihat daftar makro
            Itulah tadi penjelasan tentang microsoft word, semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat menjadi panduan ilmu pembelajaran dalam kehidupan. Terima kasih kunjungannya diblok saya,, see you di judul selanjutnyaJ


Baca juga:
membuat daftar isi dengan tabulasi dan table of contents microsoft word
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi Dan Perbedaan Penggunaan Fungsi Vlookup Dan Hlookup

Fungsi Dan Perbedaan Penggunaan Fungsi Vlookup Dan Hlookup             Dalam microsoft excel ada dua fungsi yang bisa digunakan suatu pe...